Kampung Inggris di Pare Kediri [INFO LENGKAP DAN UPDATE]

Bookmark and Share

Introduction

Tempat ini sangat tepat bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris secara intensif dan komprehensif, walaupun kemampuan anda masih NOL besar… sebagai gambaran, sebelum berangkat, skor TOEFL saya 420, setelah ‘bersemedi’ disana selama 3,5 bulan menjadi 563!  (ini aku loh ya… tp, ada juga yang betah disana sampe bertahun2… tergantung preference masing2..). Tidak hanya itu, kemampuan translasi dan english writing pun aku peroleh. Oh ya.. salah satu syarat menuntut ilmu itu adalah ‘thuulul zaman ‘, artinya ‘waktu yang panjang’, jadi proporsi ilmu yang diperoleh sesuai dengan kadar waktu yang dihabiskan… (Jadi saya harap tidak ada lagi yang bertanya minta rekomendasi program supaya jago grammar dan lancar ngomong english dlm waktu 1 bulan, misalnya.)
Tentang suasana disana, selayaknya kondisi daerah Jawa Timur pada umumnya, cukup panas bagi orang Jawa Barat – anda bisa mandi sesering anda bisa – namun relatif lebih teratur. Terletak di beberapa desa yakni desa Pelem, Tulungrejo, dan ‘anu’ (lupa). Suasana lebih mirip perumahan di Jawa Barat yang berblok-blok dengan jalan beraspal berpinggirkan pohon kersen.
Di tempat tersebut, terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa inggris (umumnya) maupun bahasa lainnya seperti : arab, jepang, cina, korea, sayangnya tidak ada lembaga bhs Jawa … “rongewu rongatus…” Selain bahasa, ada juga kursusan komputer dan sempoa aritmatika, dengan biaya yang miring juga tentunya…. Teruuuss.. kata pepatah: Ada gula ada semut…! so, Ada kursusan ada kosan juga tentunya… ^_^ ini juga akan dibahas nanti, tenang aja…
Perlu diperhatikan, bahwa artikel ini subjektif berdasarkan pengalaman saya pribadi. Kasusnya bisa berbeda untuk orang dan situasi yang berbeda pula… Sebagai pertimbangan untuk penyesuaian untuk kasus Anda, saya informasikan bahwa saya lulusan Matematika ITB dan saya datang kesana untuk belajar grammar secara komprehensif dan sedikit pronunciation dan speaking untuk tes TOEFL sebagai salah satu syarat studi ke luar negeri. Saya tekankan, saya bukan staf dari salah satu lembaga disana. Mohon maaf jika ada pihak yang merasa di untungkan terlebih yang dirugikan, tidak ada maksud apa2 dari tulisan ini selain berbagi informasi berhubung banyak teman yang bertanya dan kurangnya informasi yang tersedia di web. Tambah lagi, semua informasi yang saya ketahui sudah saya tuliskan disini, dan sekarang saya sudah tidak di Pare lagi… jadi saya tidak tahu info kosan dan kursusan lebih jauh lagi, hanya yang dituliskan disini saja.

Program

Umumnya, kegiatan belajar di kelas diselenggarakan setiap hari, 1 atau 2 pertemuan sehari, bahkan bisa sampai 3 kali sehari. Tapi gak perlu takut… tetap ada libur kok, sabtu dan minggu, walaupun terkadang hari sabtu juga ada kelas, kalau memang diperlukan… Jadi jika mengambil lebih dari dua program bersamaan, dijamin bakalan ‘lumayan’ sibuk tuh, ato bahkan terpaksa  selang-seling bolos karena ikut kelas program yg laen.. (aku salah satu oknumnya )
Untuk memilih program yang tepat bagi anda, saya sarankan pilihlah program dibeberapa kursusan yang berbeda sesuai dengan spesialisasi/karakteristik kursusan yang bersangkutan. Untuk itu, saya bagi lembaga2 bahasa disana berdasarkan materinya, (ini versi saya loohh…) (oh ya.. masih banyak yg nanya rekomendasi kursusan ternyata.. dan pertanyaan spt itu tidak akan saya balas.. maaf.. hanya sebatas ini saja ya.. semua rekomendasi sudah terangkum disini. silahkan rencanakan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda).
  1. Grammar (basic, translation, writing)
Untuk urusan yang satu ini saya punya dua nama, ELFAST dan SMART. Sejujurnya, saya tidak pernah belajar di smart namun saya siswa tulen nya elfast. Karakteristik kedua lembaga ini adalah ahli dalam urusan grammar (basic), namun elfast lebih ahli (terahli) dalam advance grammar plus langsung menerapkannya dalam materi translation dan writing. Perbedaan lainnya, di elfast lebih bersifat kuliahan yakni terserah kedewasaan anda dalam belajar dan memilih kelas, anda bisa melahap habis semua materi dalam 3-4 bulan (termasuk TOEFL) jika mampu tentunya, dengan mengambil dua program sebulannya. Saran saya, jika bisa mengerti semua materi yang diberikan dengan baik, ambil basic I dan II (bulan I), translate dan writing (bln II), grammar school/bedah buku dan TOEFL (bln 3) dengan tidak mengambil kelas pre-grammar (sangat dasar) dan pre-TOEFL (kelas ini saya sarankan untuk di ikuti hanya jika anda tidak mengambil translation atau writing). Sedangkan di smart, lebih saklek. Salek yang pertama, pengambilan kelas harus terurut mulai dari awal dahulu, tidak bisa loncat atau ngambil dua sekaligus dan ada testing masuk, alhasil anda perlu minimal 4 bulan untuk 4 kelas dalam menamatkan studi disini. Saklek yang kedua, anda diharuskan menghafal materi termasuk certain words nya — ada beberapa jenis certain words yang mesti dihafal. Setiap hari anda harus setor hafalan kepada teacher anda. Namun demikian, saya kira tempat ini sangat bagus bagi anda yang perlu tekanan untuk belajar dan memiliki waktu luang. Saran saya, setelah anda beres belajar di smart, lanjutkan di elfast mulai dari translation sampai TOEFL. Biasanya, apapun kursusan anda sebelumnya, selalu ditamatkan di Elfast untuk belajar advanced english.
Yg lainnya: Mahesa, Kreshna, Logico, BEC, EECC, dll…
  1. Speaking
Klo yang ini saya ga bisa ngomong banyak, karena saya hanya ikut satu kali kelas speaking di Marvellous. Namun, berdasarkan kabar temen2 disana, lembaga speaking yang termahsyur disana adalah DAFFODILS. Kabarnya, di tempat ini anda terpaksa dan dipaksa untuk berbicara di kelas sekemampuan anda. Alhasil anda terbiasa ng-english tanpa canggung ama yang namanya grammar… Grammar? Emang gue pikirin… gitu katanya…
Yg lainnya: Mahesa, Logico, Marvelous, Awareness, dll…
  1. Pronunciation and Expression
Nah, untuk yang ini, MARVELLOUS is strongly recommended lah pokoknya… pengalaman sang president, Mr Tantowi, yang 5 tahun berpendidikan bahasa di Amrik jaminannya. Disini anda akan belajar cara ngomong mulai dari huruf, kata, sampe kalimat, weak & strong form dan banyak lagi sampe orang ga bakalan ngerti sama apa yang kamu ucapin…^_^ disamping itu, expression asli made in Amrik nya banyak banget (bukan ekspresi Indonesia to English)… mulai ekspresi sopan dan santun sampe ekpresi *tiittt!!*… banyak tersedia disini.. Kalau bisa, sempatkan untuk ngekos disini biar dapat daily expressions yang melimpah.
Yg lainnya: Daffodils, Awareness, dll…
  1. TOEFL
Klo TOEFL, balik lagi ke ELFAST. Duet sang jawara grammar, Mr Andre ama Mr Sonhaji, jadi jaminannya. Teope begete deh…
Yg lainnya: Mahesa, dll…
Catatan: ‘Yg lainnya’ juga ga kalah bagusnya sebenarnya, mungkin ya… ga pernah nyoba sih… Ada ‘dll’ karena masih banyak lagi kursusan yang aku ga tau.
Umumnya setiap program diselenggarakan untuk lama belajar selama 1 bulan, (‘umumnya’ loh ya… ada juga yang menawarkan program untuk 2 minggu, misalnya). Klo misalnya waktu Anda tidak seleluasa itu, ya ikut saja program yg ada, sisanya anda pulang saja… ‘good bye’ gituu…  Setiap bulannya, terdapat dua gelombang, yaitu gelombang pertama periode tanggal 10 setiap bulannya dan gelombang kedua periode tanggal 25. Jadi, jika anda berniat kesana, datanglah sebelum tanggal 10 dan 25 setiap bulannya (ini artinya pendaftaran/kelas dibuka setiap bulan… *maaf, soalnya masih ada yg nanya). Penting untuk diketahui, pada musim liburan sekolah/kuliah, banyak sekali orang yang datang sehingga jangan heran kalau susah sekali mencari kosan yang kosong dan biasanya kuota program sudah penuh sebelum tanggal 10 atau 25, so… cepat2lah daftar !! first come first serve…
Kursusan yang saya bahas di atas adalah kursusan yang umumnya diikuti oleh usia SMA atau lebih, ada yang sedang kuliah, beres kuliah, bahkan ada juga dosen yang belajar english disini. Sedangkan untuk usia dini (SD misalnya), saya kurang tahu. Tapi pernah saya lihat 1 kursusan khusus anak  usia SD dan SMP, umumnya memang untuk anak2 yang bersekolah formal disana. Lebih dari itu, saya tidak tahu lagi.

Kosan

Kosan terbagi dalam setidaknya dua kategori. Pertama, kita sebut saja ‘pure kosan‘, kedua kosan English area. Pure kosan maksudnya adalah kosan yang asli kosan, hehe…. cuma tempat nginep doank, ga pake yang lain. Namun, anda bisa memilih mau ngekos di asrama pesantren ato di kosan biasa ato di kosan yang lengkap dg berbagai macam aturan. Klo English area, yaitu kosan yang juga memiliki program bahasa English, mulai dari kewajiban berbahasa inggris sehari-hari sampe kelas inggris seperti telah saya uraikan dalam  bagian ‘Program’ diatas. Kosan putra dan putri terpisah tentunya… yah… *lol
Oh ya… saya tidak punya cp kosan… *titik
English area: Access, Marvelous, Eternity, dll…

Biaya (data thn 2007)

Hhm… Loe pade bakalan terkejut klo dah nyampe urusan yang satu ini…. Berikut adalah data pada Desember 2007: (rata2)
Kursus perprogram : 80 rb perbulan
Pure kosan : 50 rb perbulan
English area : 100-150 rb perbulan
Makan pagi (nasi pecel) : 1500-2500
Nasi ayam bakar : 4000
Nasi soto : 2500
Es jeruk : 1000
Bakso : 2500
Buah2n : 500
Alhasil, biaya total selama sebulan + 500 rb sudah termasuk minuman (es jeruk dll), internet 3000/jam, dan buku2. Tips, belilah buku sebanyak2nya (klo mau), harganya miring banget walau dibanding palasari sekalipun… tapi inget, pikirkan pulangnya…. berat tau..! )

Transportasi (data thn 2007)

  1. Menuju Pare (ilustrasi, lihat bag ‘Map’ di bawah)
Pada dasarnya, dari arah jawa barat, kita tinggal menuju kota Kediri, terserah mau menggunakan alat transportasi apapun. Dari daerah lainnya juga sama (baik dalam atau luar pulau jawa), tinggal menuju ke kota Kediri dulu (mohon jangan tanya detailnya naik angkutan apa saja, itu terserah Anda.. saya juga ga tau^^). Kemudian dilanjutkan ke Pare dengan menumpang angkot. Lebih detailnya seperti berikut, sebagai gambaran saja:
a) Kereta
Ekonomi Bandung – Kediri, tarif 38rb, lama + 17 jam, berangkat sore tiba pagi (jangan lupa shalat di kereta, tayamum, jama’ dan qashar).
Dari stasiun Kediri, jalan kaki atau naik becak (max 5rb) ke jalan raya.
Kemudian naik angkot Kediri-Pare (ada tanda P dilingkari) + 25 km 6rb, turun di kantin Danis, Jl. Brawijaya (jangan mau ditawari di antar, mahal).  Silahkan lihat bagian ‘Map’ di bawah. Nah, sekarang anda telah berada di lingkungan Pare, selanjutnya nyari kosan. Untuk nyari kosan, bisa langsung nyari pake becak (jarang ada ojeg) atau jalan kaki aja. Atau anda titipkan dulu barang bawaan anda di tempat les yang dituju atau ke kontak/teman Anda disana.
b) Bus
Bus Kramat Djati, 120rb, atau Pahala Kencana, 135rb, Bandung – Kediri. Berangkat sore tiba pagi2. Katakan saja sama kendek, ‘Mau ke Pare’ nanti diturunkan di tempat yang dilalui angkot Kediri-Pare.
  1. Di Pare
Umumnya untuk transportasi disana, kita beli sepeda bekas aja. Harga sekitar 50-75 rb. Sepeda ini digunakan karena kosan-lesan1, lesan1-lesan2, dan seterusnya lumayan jauh untuk ukuran jalan kaki dengan cuaca yang cukup panas.

Fasilitas

Ngomong2, kampoeng ini dekat dengan kota kecamatan Pare sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Jika anda les di Elfast, berarti anda sudah dekat ke Mesjid Agung Pare dan stadion sepakbola. Tinggal bersepeda sebentar, anda akan sampai di alun2 Pare, pasar, bank Mandiri, BRI dan BNI.
Fasilitas kolam renang dan fitness center pun dapat anda nikmati. Begitu pula dengan akses internet yang relative murah dan cepat.

Tips

Jangan sia-siakan waktu anda di Pare, rencanakan studi anda sependek mungkin. Lagi2 saya sarankan comot setiap program di setiap kursusan yang terbaik di bidangnya. Well, semua terserah Anda, sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda.

Acknowledgement

Herewith I would like to thank all of my Pare English teachers – Elfast: Mr. Andre, Sonhaji, Ahmed, Ahsan, Ms. Santi, Ani, Arin; Marvellous: Mr. Tantowi, Faruq, Ms. Nimas, Vivin; Ms. Ambar – and all of my Pare friends. Wish u all the BeSt….    Oh ya, sama masyarakat sekitar juga, terutama bapak kos yang baik bangets…

Alamat & Kontak

Semoga kontak berikut sudah cukup bagi Anda, karena saya tidak bisa lagi memberikan kontak yang lainnya (misal kontak kosan, dll.. ga punya awakk..).
Elfast
Jl. Anggrek No. 17 Pare Telp: (0354) 399844 Pare, Kediri
Marvellous
Jl. Anyelir No. 18 Tulungrejo-Pare. 0888-318-4718 / 081-34567-0535
Daffodils
Jl. Dahlia No. 21 Pare. Telp/SMS: (0354) 7043450
NB :
- Ada kursusan baru namanya Logico, ‘adik’nya Efast. Saya tidak tahu sama sekali tentang kursusan ini.

- Mohon maaf klo ga semua comment aku approve dan aku balas. Saya usahakan merespon setiap komentar anda jika diperlukan (e.g. belum ada di artikel).

— direvisi tanggal 19 juli 2009 — 10 June 2010 — 3 November 2010 — semoga bermanfaat

Links (silahkan di klik saja…)

Hi, I am from Pare. And I speak English (klo ilang sandal jepit, cari di web ini! )

Map (Peta)

Silahkan klik kanan link di bawah ini dan ‘open in a new tab’ (if you wish) untuk melihat denah ‘kampung inggris’ Pare yang saya buat di google map. Disana saya gambarkan juga how to get to Pare, bagaimana menuju kesana. Klik aja pada tanda2 yang saya berikan disana, untuk melihat penjelasannya, di zoom dll.. as u wish lah pokoke..
View Pare, Kampung Inggris @ Kediri in a larger map

Respond/Testimony

comment from risi: (thanks for your respond )
“asslu’alaikum,,,
q cuma mu sharing az,,
buat temen2 yang mu ke pare-khusus’a cewe- q saranin bwt ‘ng-camp’ di ‘logico’,
q pernah ng-camp di sono g lama c cm 2 bulan,
tp lumayan lah,etles q lumayan bisa ngomong pke english-meskipun masi pare’s style,,hho-
selain speaking 24 full english,daily conversation,pronun dll,di sono juga di ajarin writing-qt basa prektekin grammar qt dlm bntuk tulisan yg langsung di bimbing ma mr’andre(kadang klo beliau sbuk or ad jdwl di elfast camp di ganti sama mr.faiz),
kadang belajar grammar az g cukup klo g ad praktek’a,
n yg bikin beda ma camp laen di sini belajar formal speaking!
owh’a satu lagi yg g kalah penting’a di sini camp’a b’orientasi TOEFL,
SO..buat yg pengen dapetin scor toefl ya gude ng-camp sini az,,
kalo pengalaman q c yg paling susah di toefl twh reading+listening’a..
n selain di kursusan q jg dapetin banyak excersises bwt toefl di sini.”
Source : http://islah22.wordpress.com/2008/06/23/pare-kampung-inggris/

Artikel Lain-nya

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered by Blogger.