Cara Memasang Widget Alexa di Blog Wordpress

Bookmark and Share
Di semester dua ini, saya mendapat tugas untuk membuat blog di wordpress.com. Padahal saya sudah punya blog di blogspot. Ya mau nggak mau harus bikin juga demi mengejar nilai dan menambah ilmu di dunia per'blog'an. Sedikit cerita, sebenarnya saya sudah punya akun blog di wordpress sebelum daftar di blogspot. Blog saya yang di wordpress itu sudah lama saya tinggalkan, ya karena saya merasa kesulitan menggunakan wordpress. Jadi saya pindah ke blogspot, dan sampai sekarang masih enjoy dengan blog saya yang di blogspot ini.
Kembali ke masalah tugas kuliah tadi, masalah wordpressnya saya tinggal mengaktifkan kembali akun wordpress saya yang sudah lama tidur dan merombak total, mulai dari tampilan templatenya, postingannya (karena untuk tugas itu, tema postingan ditentukan), dan menambah pernak-pernik seperti widget, dsb.
Nah! Salah satu kelemahan wordpress adalah wordpress tidak mengijinkan adanya javascript (padahal hampir semua widget blog dibuat dari javascript). Otomatis kita tidak bisa menambah widget-widget unik di blog wordpress kita. Salah satu widget yang susah untuk dimasukkan di blog wordpress adalah widget Alexa. Buat yang udah kenal dunia per'blog'an pasti udah tau apa itu alexa dan gunanya untuk apa. Saya udah mencoba daftar di alexa demi untuk mendapat script widget alexa untuk saya pasang di blog wordpress saya. Dan ketika saya sudah mendapatkan scriptnya dan saya pasang di widget wordpress saya, ternyata hasilnya NIHIL!! Scriptnya tidak berfungsi!

Tapi tenang, setelah saya browsing-browsing, akhirnya saya bisa memasang widget alexa di blog wordpress saya. Begini triknya, sobat!


1. Masuk ke Alexa bagian SiteOwner di http://www.alexa.com/siteowners
2. Lalu pilih atau klik Alexa Site Widgets atau klik link ini http://www.alexa.com/siteowners/widgets
3. Masukkan URL blog anda; http://nama.wordpress.com diantara 3 tampilan yang ditawarkan. Jika sobat ingin pasang di widget gunakan ukuran yang kecil.
4. Setelah sobat memasukkan alamat blog klik build widget
5. Abaikan kode-kode yang diberikan oleh Alexa
6. Block gambar hasil di sebelah kanan dengan menggunakan mouse
7. Tekan CTRL+C (copy)
8. Buat postingan baru di wordpress.com, tekan CTRL+V (paste)
9. Kini gambar tampilan alexa sudah keluar di postingan anda
10. Klik tombol HTML di samping tombol Visual di pojok kanan atas kolom penulisan
11. Copy kode tersebut dan pastekan di widget blog anda (gunakan Text)

12. Simpan kode tersebut, dan preview blog wordpress sobat!
13. Selamat!! Sekarang widget alexa sudah bisa ramah dengan blog wordpress sobat!

Kalau sobat butuh bukti cara diatas berfungsi atau tidak, silahkan klik disini.Link tersebut akan membawa sobat dimana blog wordpress saya berada. Dan lihat, widget alexa ada di blog wordpress saya,. :)

Selamat mencoba sobat! Jika butuh bantuan, silahkan komentari postingan ini. Trims. :)


Source : http://mumtazanas.wordpress.com/2008/12/01/menampilkan-ranking-alexa-di-widget-wordpress/

Artikel Lain-nya

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered by Blogger.